Minggu, 24 Juni 2012

KLASIFIKASI PATERN BAN

Alur atau pola telapak pada ban sangatlah bervariasi dari tiap-tiap ban. Begitu banyaknya pola telapak atau blok-blok ada ban yang dari tiap-tiap patern yang dikeluarkan oleh suatu perusahaan. Bahkan suatu perusahaan bisa memiliki pola tapak ban ratusan. Hal ini dilakukan agar para konsumen bisa memilih pola tapak yang sesuai dengan seleranya.
Namun, pada dasarnya pada industri ban pola tapak atau alur atau bisa juga disebut blok-blok pada ban diklasifikasikan menjadi 3 golongan utama, yakni Searah (Directional),Simetris (Symmetric), dan Asimetris (Asymmetric).  Setiap golongannya memiliki karakteristik yang berbeda untuk memenuhi kebutuhan pengemudi yang berbeda-beda dengan style dan selera berbeda.
Ban Tipe Searah (Directional) :Ban tipe ini memiliki ciri telapak searah yang menyerupai anak panah atau pola kembangannya berbentuk huruf "V".
Kelebihan ban tipe searah (directional) adalah dapat menepis air dengan sempurna untuk pengendalian yang lebih baik di permukaan basah maupun kering. Selain itu performa dan pengereman yang lebih baik serta umumnya tersedia dalam ukuran besar (15" keatas). dalam ban directional selalu ada simbol rotation sebagai acuan untuk pemasangan.
Ban Tipe Simetris (Symmetric) :Ban simetris biasanya memiliki telapak dengan desain rib yang berkesinambungan atau blok. Kedua sisinya, baik sisi dalam maupun luar memiliki fitur dan kegunaan yang sama. Pada umumnya ban dengan pola simetris memiliki alur yang menyerupai gelombang. Cocok untuk pengemudi yang menyukai kenyamanan dan keheningan dalam berkendara. ban ini bisa dipakai bolak-balik tidak tergantung pada rotation karena kanan-kiri ban beralur sama
Ban Tipe Asimetris (Asymmetric) :Ban asimetris memiliki pola yang unik untuk membedakan kedua bagian sisinya. Bagian luar ban biasanya memiliki desain alur yang lebih besar untuk menepis air dan meningkatkan pengendalian pada jalan basah. Sedangkan bagian dalam ban memiliki alur yang lebih kecil guna memperluas bidang yang bersentuhan dengan jalan sehingga ban lebih stabil.
Ban tipe asimetris memberikan pengendalian yang baik di jalan basah maupun kering. Pengendalian yang baik pada saat membelok pada kecepatan tinggi. Cocok untuk pengemudi yang menyukai performa tinggi dan di medan yang licin / basah.
Asymmertrycal tyre

Ban Searah (Directional tyre)

Symmetrycal tyre

Tidak ada komentar:

Posting Komentar