Rabu, 17 Agustus 2011

Bikin Alur Ban Berwarna

Mumpung masih fresh di tahun baru ini, Otre bakal geber trend fresh yang bakal ngetrend di tahun 2011 ini. Idenya Otre dapat dari inspirasi tampang karet ban matic BMW Concept, varian terbaru BMW ini memancang karet ban dengan desain alur kembang ban yang berwarna. Warna alur karet bannya cantik dikelir warna serasi list alur ban birunya, cakep banget nih diaplikasi untuk menambah pernik modif besutan gaul Otremania.
So Otre utak-atik lagi dengan warna-warni lain untuk besutan modif di tanah air, n hasilnya cocok banget buat dongkrak tampilan racing style yang berwarna ngejreng, euro fighter, sampai besutan matic low rider yang demen pakai white wall selama ini. Ban dengan alur ban racing makin seru dibikin berwarna.



Contohnya alur ban Mizzle, IRC Duro, FDR Sportmax, yang cenderung beralur ban tribal atau racing cakep tuh dikelir warna. Semakin besar karet ban makin empuk dan cakep dikelir warna, sesuaikan saja dengan warna bodi atau pelek agar terasa menyambung n ngetrend abis. | neo/adt      

PAKAI CAT SABLON Nyatanya murah n mudah kok bergaya trend ulir ban warna ini,  bikin sendiri saja dengan cat dari bahan sablon kaos. Trik ini pernah dilakukan Nurdani alias Peyek, punggawa FFA Stand Art airbrush di kawasan Kedurus Surabaya. Namun saat itu doi membikin ban full warna yang pernah boming di era tahun 2001-2005.

” Bagusnya dicat sendiri, selain murah, banyak warna, juga gampang dipraktekkin dewe.” Ujarnya. Bikinnya dari bahan tinta sablon tekstil yang biasanya buat kaos. Bahan tinta karet ini tahan gesek dan super lengket di karet ban.

Bahan yang dipakai; cat putih berbahan acrylic merek Orca. Harganya sekitar Rp 45 ribu 1 kilonya sudah cukup bikin ngecat ban motor dalam jumlah banyak. Sifat cat ini water base alias berbahan campur dengan air, biasanya dipakai sebagai bahan tinta sablon buat kaos. Sedangkan pewarnanya juga sama berbahan dasar air buat sablon.

Kalo dijual sudah termasuk dengan pewarna, nyari saja di kawasan Kapasan, Surabaya. Atau di toko buku terdekat, cari aneka warna sampai yang efekpun ada dan khusus untuk cat sablon kaos.

TRIK BIKINNah ketimbang ngiler aja, Otre kasih juga trik bikinnya. Prakteknya, cuci dahulu ban yang bakal dilabur dengan sabun colek (gb1). Lantas keringkan dengan lap hingga kesat atau jemur hingga kering betul. Lantas campur cat putih (Orca) dengan pewarna (Gb2), ukurannya 7:3. Buat kekentalannya disesuaikan warna jika pengin warna terang lebih baik dibuat lebih kental.

Setelah ban kering benar semprot merata pakai sraygun atau pakai kuas halus lebih mudah dan lebih murah (gb3). Gak usah takut terkena pelek dan tromol karena bahan ini nggak menyatu dengan besi.

Untuk bagian alur ban pakai kuas agar lebih mudah dan presisi hasilnya. Lalu jemur hingga kering. Biasanya buat cat yang terang seperti kuning, putih, harus diulang beberapa kali hingga rata dan menutup sempurna.

Rampung, bersihkan sisa cat di pelek dan tromol menggunakan lap basah (gb4). Jadi deh ban berulir warna made in dewe. Garansinya 3 bulan untuk pemakaian sehari-hari dijamin awet lho? Luntur tinggal cat lagi, murah meriah euy!

Sumber : http://ototrend.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar