Selasa, 21 Juni 2011

bagian-bagian ban

Tahukah kamu ternyata ban yang selama ini kita pakai di kendaraan kita itu tidak 100% tersusun atas karet. Ban tersusun atas bagian-bagian yang membentuk satu-kesatuan. sehingga jika salah satu bagian ban saja yang tidak ada tak akan menjadi benda yang dinamakan ban. Pada artikel kali ini kita bahas mengenai bagian-bagian ban. Untuk memperluas pengetahuanmu mengenai ban baca juga artikel sekilas tentang ban. Mari kita intip sedikit bagian bagian dari ban.

Ban tersusun atas karet alam dan karbon hitam yang Menjadi bagian utama dalam sebuah ban. Karbon hitam ini tak sendiri dalam menyusun ban. Selain karbon hitam ban juga mengandung polyester, steel wire, nylon, natural oil, heptanic oil, dan masih banyak lagi bahan pelengkap yang membentuk ban. Bahan-bahan seperti steel wire, polyester, dan nylon akan membentuk salah satu bagian dari ban. bagian-bagian ban yaitu:

  • ply : ply merupakan kerangka dari sebuah ban. tersusun atas benang nylon yang telah dilapisi oleh karet yang di sebut coumpound.  sudut ply berbeda beda pada setiap ban. sudut ply inilah yang membedakan konstruksi dari suatu ban.  jika sudut ply suatu ban berkisar antara 40-65 derajat maka ban itu disebut ban bias, sedangkan jika suatu ban memiliki sudut 90 derajat maka ban tersebut adalah ban radial.
  • tread band : tread bad adalah bagian ban yang langsung besentuhan dengan permukaan jalan. pada tread band inilah alur atau patern ban tergambar. alur atau patern ini berfungsi untuk mengarahkan air kebagian sisi dari ban agar permukaan tread band dapat mencengkram permukaan jalan dengan baik tanpa terjadi slip. tread juga melindungi ban dari tusukan dan benturan benda lain sehingga tidak langsung merusak ban
  • side wall : bagian ini merupakan dinding dari ban. disinilah tertulis banyak informasi dari suatu ban. seperti  load range, speed index, load indeks, ukuran ban, TWI (tread wear indication), dan masih banyak informasi lainnya.
  • steel belt : bagian ini adalah bagian yang melindungi ban sekaligus sebagai penyokong yang memberi kekuatan pada ban
  • bead wire : bagian yang terbentuk atas bundelan kawat baja yang dilapisi oleh karet berfungsi untuk melekatkan ban pada pelek.
  • inner liner (khusus tubless) : berfungsi sebagai pengganti ban dalam yang menahan udara bertekanan di dalam ban
itulah bagian-bagian dari sebuah ban. bagian-bagian ini merupakan satu kesatuan yang tak dapat dipisahkan dari sebuah ban. sehingga ban dapat digunakan oleh kita semua.

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar