Selasa, 03 Juli 2012

BAN PINTAR YANG BISA BERUBAH BENTUK


Secara umum ban diketahui berasal dari campuran karbon hitam dan karet yang memiliki struktur keras dan kaku. tapi, tahukah kamu ternyata teknologi saat ini mampu menciptakan sebuah ban yang bisa berubah sesuai dengan kondisi jalan yang dilalui. jadi para pengemudi tidak perlu repot lagi gonta-ganti ban saat menghadapi kondisi jalan yang berbeda seperti di negara 4 musim yang memiliki musim salju. Bahkan ban yang di panggil "ban adaftif" atau "intelligent tire" ini mampu beralih dari on-road (aspal mulus) ke off-road (tanah atau kerikil) atau sebaliknya. 

Ban ini diteliti dan sedang dalam tahap pengembangan oleh para ilmuwan Jerman yang dipimpin oleh Detlef Riemer dari Universitas Sain Terapan di Leipiz. Dan baru-baru ini di pamerkan dalam Hanover Fair.


Ban pintar yang dalam pengembangan ini memiliki kemampuan untuk beradaptasi dengan berbagai kondisi jalan dan kondisi cuaca. baik basah maupun kering dan off road maupun on road. Karena itu Ban ini memiliki daya cengkrang yang maksimum yang membuatnya membantu dalam pengiritan bahan-bakar di segala jenis kondisi jalan. Bahkan bagi anda yang tinggal di daerah bersalju tak perlu lagi mengganti ban di saat cuaca ekstrem.
“Pilihan ban sekarang adalah kompromi untuk menghasilkan pengereman maksimal dan konsumsi bahan bakar yang irit. Pengemudi harus mempertimbangkan penggantian ban setiap terjadi perubahan cuaca. Anda juga tidak bisa mengganti ban saat mobil melaju,” komentar Riemer.

Kenapa ban ini menjadi amat pintar? rahasianya ada pada sensor elektronik yang dilengkapi pada ban ini  yang bertugas memantau kondisi permukaan jalan. Setelah itu, profil dan kembang telapak ban berubah sesuai dengan kondisi jalan: bisa kering, hujan atau bersalju. Telapak ban secara otomatis akan meninggi atau melebar, walaupun ban dalam keadaan menggelinding di jalan.  hal ini berarti ban anda selalu ada dalam performa puncak yang akan mengoptimalkan konsumsi bahan bakar pada kendaraan anda selain itu juga mengurangi suara bising secara otomatis. dan yang terpenting anda tak perlu lagi berpikir untuk menggati ban karena ban itu berinisiatif mengganti dirinya sendiri.

Saat ini, material yang digunakan untuk ban masih dalam penelitian, termasuk kemampuan berubah bentuk. Komponen yang masih dalam penelitian itu adalah adalah aktuaktor berupa piezo-keramik dan logam yang bisa kembali ke bentuk aslinya (shape memory metal) dan sejumlah “material pintar” lainnya. Selain bisa mengurangi suara berisik, ban ini nanti juga akan menambah tingkat kenyamanan penumpang.

Riemer mengaku, konsep ban pintar ini masih menghadapi banyak tantangan. Karena itu, untuk bisa turun ke jalan masih jauh dari harapan. Pastinya, ide ban dengan kemampuan berubah bentuk ini sudah dipatenkan.

2 komentar:

  1. Kunjungan perdana Gan, Ban nya bagus dech.

    salam persahabatan dari saya sundaboy.com

    BalasHapus
  2. thank gan kunjungannya....
    sering2 mampir ya

    BalasHapus