Jumat, 28 Desember 2012

ROTASI BAN

Melakukan Rotasi ban bertujuan untuk mendapatkan umur pemakaian ban yang sama serta mencegah keausan tidak merata.

Ban depan pada mobil berpenggerak roda depan harus memindahkan torsi pengemudian ke steer dan pengereman mobil. Hal tersebut akan menyebabkan keausan lebih cepat dua atau tiga kali  dibandingkan dengan ban belakang yang berputar bebas. Ban belakang pada mobil berpenggerak roda depan lebih rentan terhadap keausan tidak merata yang dapat menyebabkan meningkatnya kebisingan ban dan terjadinya vibrasi.

Contoh rotasi ban yang disarankan oleh JATMA ( The Japan Automobile Tire Manufacturer’s Association ) dan ATMA ( Australian Tyre Manufacturer’s Association ) adalah sebagai berikut :
1   Rubah arah rotasi dari ban yang digerakkan dengan memindahkannya secara menyilang.
2   Pertahankan arah rotasi dari ban penggerak dengan memindahkannya dari depan ke belakang ( mobil berpenggerak roda depan ) atau dari belakang ke depan ( mobil berpenggerak roda belakang ).
3   Rotasi sebaiknya dilakukan setiap 5,000 km untuk ban passenger dan 10,000 untuk ban TB.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar