Kamis, 23 Juni 2011

uji coba ban

terus kupacu kendaraanku dengan kecepatan tinggi. setelah di buat kesal oleh adikku yang emang dasarnya ngeselin. walau spidometer telah mencapai angka 120 km/jam aku tak peduli. aku makin memacu kendaraanku. emang dasar orang lagi kesel, bawa motor segitu ga kerasa cepet, motor rasanya lambat aja udah kaya siput.
Tapi tak mengapa, karena ban di rancang untuk tetap setabil pada kecepatan tinggi. sebelum sebuah ban memasuki pasaran bebas, tentu saja ban itu harus di uji coba terlebih dahulu. untuk mengetahui seberapa kuat ban tersebut untuk menghasilkan performa yang prima di jalan.
masing -masing pengujian ban dilakukan untuk menguji masing-masing indeks dari ban.
High speed
high speed adalah pengujian untuk mengetahui sejauh mana ketahanan ban jika dipacu dalam kecepatan tinggi. pengujian dilakukan dalam sebuah mesin kemudian ban dijalankan dalam kecepatan tinggi dan semakin tinggi. jika sudah dalam batas maksimal dari speed indeks ban tersebut ban akan dibiarkan berjalan sampai beberapa jam untuk dapat lulus pada pengujian speed indeks.

Endurance
Pengujian ini dilakukan untuk melihat apakah ban dapat menunjukan performa yang baik saat harus menanggung beban yang sangat berat(sesuai dengan load indeks ban tersebut). pengujian dilakukan dengan cara menjalankan ban dalam sebuah mesin dengan di beri beban yang berat pada kecepatan yang konstan. ini disimulasikan seperti saat ban berjalan di aspal jalan raya.


Breaking energy
pengujian ini dilakukan untuk mengetahui seberapa kuat ban menahan energy yang dapat merusak ban yang dihasilkan dari benda-benda dari luar seperti batu, kayu, besi, permukaan jalan yang tidak rata, dll. pengujian ini dengan menusuk ban pada bagian tread dengan jarum besar yang tumpul. jika jarum itu dapat menyentuh bagian velg tanpa merusak ban(ban tidak bocor) maka ban akan lulus dari ujian ini.

Bead unsetting
ini untuk menguji kekuatan cengkraman bead pada velg. apakah bead bisa mencenkram ban dengan baik atau tidak. pengujian ini dengan menekan area side wall pada ban hingga terus kebawah. jika bead terlepas maka ban tak lolos ujian ini, begitupun sebaliknya jika bead tetap kokoh ban akan lolos pada uji ini.



2 komentar:

  1. selamat deh bwt ari atas artikelnya...

    BalasHapus
  2. semangat mas. demi dapetin Page rank 1

    BalasHapus