Minggu, 24 Juli 2011

kenapa hari minggu libur?

pernah ngga selintas terpikir oleh kamu kenaa di indonesia dan sebagian negara di dunia libur itu di hari minggu? kenapa ngga hari senin, selasa, rabu, atau kamis. harikan ada 7 kenapa hari minggu yang diambil. kenapa ngga hari laen. untuk mengetahuimya mari kita kembali ke beberapa abad silam.
setiap bangsa selalu memiliki tradisi tersendiri baik dalam beribadah maupun adat istiadat. bigitupun dengan hari libur. bangsa arab menganggap hari jum'at adalah hari untuk beribadah maka di arab libur jatuh pada hari jum'at. orang yahudi menggap hari sabtu adalah hari untuk beribadah maka orang yahudi menjadikan hari sabtu sebagai hari libur. lalu kenapa negara kita liburnya hari minggu tidak hari jum'at seperti bangsa arab atau sabtu seperti bangsa yahudi?

sebenarnya, tradisi libur pada hari minggu adalah tradisi bangsa romawi. seperti halnya orang arab dan yahudi bangsa romawi menganggap hari mggu adallah hari untuk beribadah sehingga jatuhlah hari minggu sebagai hari libur. selain itu hari minggu juga merupakan hari untuk istirahat bagi orang yang telah bekerja keras selama 6 hari.
romawi adalah kerajaan yang begitu tersohor dan memiliki jajahan dimana-mana, seperti perancis, belanda, inggris, dan jerman. kebiasaan libur pada hari minggu juga diterapkan pada negara jajahannya. selain itu para rakyat romawi juga memiliki kebiasaan menandai hari-hari penting den hari libur dengan warna merah.
karena kita dijajah belanda selama 350 tahun, belanda menerapkan hari minggu sebagai hari libur sehingga jadilah indonesia memakai hari minggu sebagai hari libur dn juga menandai hari penting dan hari libur nasional dengan warna merah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar