Sabtu, 30 Juli 2011

tips merawat ban

Secara umum sebuah ban pasti mengalami yang namanya proses penggundulan proses ini terjadi biasanya dalam kurun waktu 6-12 bulan. karena dalam kurun waktu itu ban sudah menempuh jarak yang sangat jauh. terlebih jika setiap hari ban digunakan untuk menempuh jarak yang cukup jauh. tapi, tahukah kamu sebenarnya penggundulan pada ban dapat di perlambat dengan beberapa perlakuan sederhana
pada ban yang dapat membuat masa pakai ban menjadi lebih panjang. jika biasanya ban hanya bisa bertahan 6-12 bulan insyaallah bisa menjadi sekitar 18-24 bulan. semoga tipas ini bermanfaat bagi anda.
  1. Beli ban yang umurnya di bawah 5 tahun. dengan cara melihat tanggal pembuatan ban. biasanya berbentuk kode angka yang menyimbolkan minggu ke berapa ban itu dibuat dan tahun pembuatan. 
  2. Lihatlah TWI (tread wear indication) usahakan memilih ban yang memiliki batas TWI cukup tinggi.
  3. pakailah tekanan angin yang sesuai rekomendasi. karena tekanan angin dapat mempengaruhi kestabilan kendaraan saat di jalankan.
  4. Jangan terlalu sering menyetandarkan motor anda dengan setandar samping karena hal itu membuat berat motor tertumpu pada bagian motor sebelah kiri yang membuat bagian itu lebih mudah rusak.
  5. Jangan memarkir motor di tempat yang terkena sinar matahari langsung. karena hal itu membuat sinar ultraviolet langsung mengenai ban dan mempercepat proses pengerasan coumpoun ban yang mengakibatkan ban lebih mudah getas.
  6. Bersihkan ban menggunakan sabun detergent saat mencuci motor anda dan pastikan mencuci ban dengan bersih.
  7. Hindari ban dari bahan kimia yang bersifat merusak pada ban seperti oli dan bensin
Kira-kira itulah yang bisa memperlambat proses pengundulan ban dan memperpanjang masa pakai ban anda. semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar