Kamis, 21 Juli 2011

Inovasi Ban Terbaru

  • semakin berkembangnya teknologi dan ilmu pengetahuan, semakin banyak pula dihasilkan berbagai produk dari mulai komputer sampai makanan yang sangat berkualitas dan memdahkan hidup manusia. tak ketinggalan juga produk ban yang kian melejit. sehingga dihasilkan berbagai produk ban yang begitu mengagumkan.
Pabrik ban Michelin membuat suatu inovasi dari sebuah teknologi ban. pabrikan ini membuat sebuah ban yang mempu berjalan walau tanpa tekanan angin. sebenarnya riset dari ban tanpa tekanan angin ini telah dimulai pada tahun 1888 saat seorang bernama John Boyd Dunlop membuat ban pneumatic, sampai pada tahun 2005 michelin memperkenalkan design dari bannya.

ban buatan michelin ini memiliki jari-jariyang  fungsinya sebagai angin (kalau pada ban konvensional) untuk menahan sekaligus memberi kelenturan ayunan suspensi. Meski seperti jari-jari, velgi ini cukup kuat dan elastis.


Ketika dijajal pada Audi A4, ternyata Tweel memiliki tekanan lima kali lipat dari ban biasa dan menghasilkan handling yang baik. michelin menjelaskan bahwa dengan velg ini bahan bakar mobil dapat diefisiensi sebesar 1% . selain itu jika anda memakan ban ini anda akan mengatakan selamat tinggal pada ban bocor, ban kempes, ranjau paku, dan ban lebih awet.


karena begitu istimewanya ban ini, michelin mendapatkan permintaan dari pihak NASA untuk membuat Michelin Lunar Wheel,  yaitu ban untuk mobil penjelajah planet di tahun 2009 silam. selain itu ban ini sangat cocok bagi mobil militer dan truk angkut hasil tambang yang memang  harus menempuh medan yang sangat extrim. jadi siapa yang ingin memasangkan ban ini di mobilnya. tapi sayang pihak michelin belum menjualnya secara bebas di pasaran. 

sumber : berita lampung




2 komentar:

  1. halo..membalas mengenai pertanyaan anda kmrn di blog saya ,,blog anda ckp bagus,,gunakan warna yg tidak membuat tulisan atau iklan anda terhalang atau tidak jelas,,,sbaiknya taruh iklan di atas ...thanks firdi.net,idblog.firdi.net,firdi52.mywapblog.com

    BalasHapus
  2. makasih ya gan atas sarannya saran yang bagus.

    BalasHapus